Minggu, September 25, 2022

Sambut HUT Ke-77 RI, Ribuan Orang Ikut Meriahkan Karnaval di Bayan Lombok Utara

Tanjung, HarianNTB.com – Jalan Raya Tanjung-Bayan, Desa Anyar Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) dipenuhi ribuan orang yang mengikuti gelaran Karnaval untuk merayakan HUT ke-77 RI, Rabu (17/8/2022).

Pantauan Jurnalis Harian NTB, kegiatan Karnaval tersebut menampilkan berbagai macam aksi arak-arakan, musik tradisional, gendang beleq, marching band, atraksi budaya, keanekaragaman pakaian adat, dan atraksi dari masing-masing peserta lengkap dengan suasana merah putih.

“Jangan Nikahi Kami, Please!” salah satu tulisan pada poster yang dibawa oleh peserta karnaval dari kontingen SMK Kesehatan Hamzar Kecamatan Bayan.

- Advertisement -

Selain membawa poster, mereka juga membawa properti alat-alat kesehatan seperti suntikan dan inpus sambil mendorong salah satu siswa yang berperan sebagai pasien menggunakan kursi roda.

Di kontingen lain, SMAN 2 Bayan mengangkat tema karnaval Adat Bayan yakni “Pengurang atau Bebelok dalam Prosesi Aji Krama Adat Bayan”.

Tema tersebut menjelaskan, “proses penyerahan Aji krama/dedosan (hutang pengantin laki-laki) ke pihak keluarga pengantin perempuan yang biasa dilakukan oleh masyarakat bayan pada khususnya,” jelas Kepala Sekolah SMAN 2 Bayan, Muna’am, S.Pd, saat dikonfirmasi Jurnalis Harian NTB, Rabu (17/8/2022).

Dijelaskan, salah satu tugas utama “pengurang” itu adalah melihat kadang bangsa dari pihak pengantin perempuan. Apakah sudah siap menerima dedosan atau aji krama yang dibawa oleh pihak pengantin laki-laki.

“Kalau pembayun tugasnya menyerahkan aji krama ke pihak perempuan dengan bahasa yang lebih lengkap lagi dari pengurang atau bebelok,” katanya.

Sementara itu, kontingen SMAN 1 Bayan mengangkat tema tentang “Prosesi Menutu Maulid Adat Bayan”. Mereka menerjunkan ratusan siswa dalam karnaval peringatan HUT RI kali ini.

Sekertaris Panitia Perayaan HUT RI Tingkat Kecamatan Bayan, Lalu Agusman Ali kepada Harian NTB mengangku, peserta yang mengikuti karnaval perayaan HUT RI Ke-77 di kecamatan Bayan mencapai ribuan orang.

Peserta dari, “SMPN 1 Bayan 400 siswa, SMA 1 Bayan 400-an siswa, SMP 2 Bayan dan SMA 2 Bayan sekitar 200-an siswa, ada 1.000 lebih peserta,” jelas Agus.

Hal senada disampaikan Kapolsek Bayan, IPTU Sugi Jaya, SH mengatakan, sekitar 115 kontingen mengikuti karnaval dari unsur PAUD, TK, SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA dan Umum.

“Adapun yang mengikuti pawai Karnaval yaitu, PAUD, TK, SD/MI, SMP/MTS, SMA/ MA dan Umum, berjumlah sekitar 115 Kontingen,” kata Kapolsek Bayan, IPTU Sugi Jaya.

Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 14.00 WITA dari jalan raya depan kantor camat Bayan, dan berakhir sekitar pukul 17.00 WITA sore di Lapangan Pasar Umum Desa Anyar, Kecamatan Bayan. (DMS)

Catatan Revisi: Judul artikel ini sudah diedit pada Kamis, 18 Agustus 2021, pukul 09.35 Wita dengan Judul: Sambut HUT Ke-77 RI, Ribuan Orang Ikut Meriahkan Karnaval di Bayan Lombok Utara, Sebelumnya artikel ini berjudul Sambut HUT Ke-77 RI, 1.000 Orang Ikut Meriahkan Karnaval di Bayan Lombok Utara.

- Advertisement -

Related Articles

Stay Connected

1,929FansSuka
3,257PengikutMengikuti
21PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles