Minggu, Oktober 17, 2021

Dikawal Ketat, Vaksin Covid-19 Tiba di NTB

Mataram, HarianNTB.com – Puluhan ribu Vaksin COVID-19 tiba di Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (5/1/2021).

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol. Artanto, dalan siaran persnya menyampaikan, sebanyak 28.760 ampul atau botol kecil vaksin Covid-19 tiba di NTB melalui Bandara Internasional Lombok (BIL) pada Selasa (5/1/2021) pukul 09.00 Wita.

“Kedatangan vaksin berlabel Sinovac itu mendapat pengawalan ketat personel gabungan, hingga ke lokasi penyimpanan di Kantor Dinas Kesehatan NTB” katanya.

- Advertisement -

Dikatakan, Vaksin Covid-19 yang dikemas dalam 15 coli itu diberangkatkan dari Jakarta dengan pengawalan anggota Gegana Brimob Mabes Polri.

Kemudian, saat tiba di BIL, vaksin tersebut langsung disambut tim gabungan untuk memastikan keamanan hingga ke lokasi penyimpanan.

“Setibanya di Bandara Lombok anggota kawal langsung berkoordinasi dengan Kabid P3KL Dinas Kesehatan NTB, untuk mekanisme pengawalan selanjutnya termasuk lokasi yang akan dijadikan gudang penyimpanan,” katanya.

Kemudian dari pintu kedatangan BIL vaksin tersebut selanjutnya dibawa ke kantor karantina untuk dilakukan pengecekan.

Saat dilakukan pengecekan oleh petugas, dari ke-15 coli tersebut terdapat satu coli yang isinya berbeda.
 
“Hasil cek bahwa 14 coli dengan isi per coli 1.960 botol vaksin, sedangkan satu coli dengan isi 1.320 botol vaksin. Setelah selesai melakukan pengecekan vaksin dimasukan ke mobil pendingin,” katanya.

Setelah itu, Vaksin tersebut langsung dibawa ke Kantor Dinas Kesehatan NTB di Jalan Swaramahardika, Kota Mataram, menggunakan Cargo Lintas Mitra Logistik Nomor Polisi DK 8262 QS.

Vaksin tersebut mendapat pengawalan ketat dari personel gabungan Satuan Kerja (Satker) Polda NTB yang dipimpin Kabag. Dalops selaku Kapusdalpam AKBP. Rustanto, bersama Kepala Detasemen (Kaden) Gegana Polda NTB AKBP. Wayan Budiarsa.
 
Sekitar pukul 10.25 vaksin tersebut tiba di Kantor Dinas Kesehatan NTB yang diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi NTB Drs. H. Lalu Gita Aryadi bersama Kadis Kesehatan NTB. dr. Nurhandini Ekadewi.

Sementara itu, berdasarkan informasi dari Dinas Kesehatan NTB, kata Artanto, bahwa Vaksin Sinovac tersebut untuk tahap awal, akan diberikan untuk tenaga kesehatan (Nakes) se-NTB.
 
“Untuk tahap pertama Januari-Maret yang akan divaksinasi adalah para nakes se-NTB, yang merupakan garda terdepan penanganan Covid-19. Mungkin pada tahap pertama tidak semua nakes yang bisa ter-cover,” katanya.
 
“Jadi sisanya, insya Allah, masuk pada jadwal vaksinasi tahap kedua,” katanya. (DMS)

- Advertisement -

Related Articles

Stay Connected

1,929FansSuka
3,257PengikutMengikuti
17PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles