Rabu, Oktober 27, 2021

Air PDAM Macet, Ribuan Pelanggan di Lombok Utara Terdampak

Tanjung, HarianNTB.com – Ribuan pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Lombok Utara Cabang Bayan mengalami kemacetan, Sabtu (21/11/2020).

Hal tersebut diakui Kepala Cabang PDAM Lombok Utara Cabang Bayan, Indra Jaya saat dikonfirmasi Jurnalis Harian NTB, Sabtu (21/11/2020).

Dirinya mengatakan, sekitar 4 ribu pelanggan PDAM di Kecamatan Bayan rata-rata mengalami kemacetan.

- Advertisement -

”Untak saat ini sekitar empat ribuan, rata-rata semua kena macet’’ Ungkap Indra.

Dikatakan, hal tersebut terjadi akibat gempa 2018 yang menyebabkan salah satu sumber mata air tertimbun akibat gempa.

”Peneyabab utamanya, salah satu sumber mata air kita yang hilang sejak pasca gempa 2018’’ jelasnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, pihaknya menggunakan sumber mata air yang ada dengan menerapkan jadwal di masing-masing Desa di Kecamatan Bayan.

”Kita jadwalkan ada dapat siang dan malam. Semua desa dijadwalkan karena kondisi saat ini pasokan air sangat kecil’’ jelasnya.

Sementara itu, salah seorang warga Dusun Gereneng, Desa Anyar, Kecamatan Bayan, yang tidak mau disebutkan namanya mengaku, hingga dua atau tiga Minggu terkahir air keran PDAM milik warga tidak dialiri air.

’’Dua Minggu atau tiga Minggu terkakhir ini tidak ada sama sekali air yang mengalir’’ Ungkap Warga Dusun Gereneng yang tidak mau disebutkan namannya, Kamis (19/11/2020).

Dikatakan, dari 160 Kepala Keluarga (KK), sebanyak 65 KK mengalami kemacetan.

”Dari 160 KK, sekitar 65 mengalami kemacetan’’ Ungkapnya.

Hal senada diungkapan Kepala Dusun Karang Tunggul Desa Anyar saat ditanya Jurnalis Harian NTB, Kamis (19/11/2020) Ardi mengatakan, air keran milik warga yang bersumber dari PDAM sering macet.

”Pada doang kance dusun sik lain (sama saja dengan dusun yang lain) air sering macet, kadang-kadang datang kadang tidak’’ Ungkap Ardi kepada Haran NTB.

Dikatakan, akibat air tersebut warga sering mengambil air dengan jerigen atau ember air di halaman kantor PDAM Bayan yang masih dialiri air.

Dirinya pun berharap agar kemacetan air tersbut bisa diatasi secepatnya oleh pihak PDAM.(DMS)

- Advertisement -

Related Articles

Stay Connected

1,929FansSuka
3,257PengikutMengikuti
17PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles