Rabu, Oktober 27, 2021

Panen Raya di Lombok Tengah, Mentan Beri Bantuan Rp 120 Miliar

Praya, HarianNTB.com – Menteri Pertanian (Mentan) Dr. H. Syahrul Yasin Limpo bersama Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah dan Bupati Kabupaten Lombok Tengah H. Suhaili FT,SH melakukan panen raya padi di Desa Aikmual, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Minggu (23/8/2020).

Pada kegiatan tersebut, Mentan Syahrul beri bantuan prasarana dan sarana produksi untuk para petani senilai Rp 120 miliar.

“Bantuan NTB saya beri Rp 120 miliar, dengan bantuan ini kita bangun percontohan-percontohan untuk perkuat pertanian di NTB dan berkontribusi pada ketahanan pangan nasional, saya siap menjadi bagian yang mengawal kemajuan pertanian NTB,” Jelas Syahrul Yasin Limpo.

- Advertisement -

Dalam kesempatan itu juga, Kementerian Pertanian (Kementan) dan pemerintah daerah melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan para mitra guna mendukung keberhasilan program peningkatan produktivitas, menjamin rantai pasok dan ketahanan pangan.

Dikatakan, penguatan pertanian di NTB menjadi agenda yang penting sebab memiliki berbagai komoditas strategis yang menopang ketahanan pangan nasional. Selain padi, tak kalah hebatnya memiliki komoditas unggulan seperti jagung, bawang putih, bawang merah dan sapi.

Dirinya juga menekankan, dimasa pandemi Covid-19 pertanian merupakan sektor yang tangguh bahkan menjadi satu-satunya sektor yang menyelamatkan perekonomian nasional. Oleh karena itu, panen padi ini menjadi pembuktian bahwa dalam tantangan apapun, pertanian selalu berproduksi.

“Pada kuatal II 2020 ini, BPS mencatat ada 2 sektor yang pertumbuhan PDB nya positif atau berkontribusi terhadap PDB nasional, yaitu pertanian dan telekomunikasi. Sektor pertanian paling tinggi kontribusinya yakni 16,24 persen, sementara telekomunikasi hanya 1,29 persen. Ini adalah bukti sektor pertanian tidak terkena dampak akibat tantangan apapun, sehingga kita harus bersinergi memperkuatnya ke depan” Jelasnya. (DMS)

- Advertisement -

Related Articles

Stay Connected

1,929FansSuka
3,257PengikutMengikuti
17PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles