Senin, Oktober 25, 2021

Paluma Nusantara Bangun Jaringan Air Besih di Desa Sambik Elen

Tanjung, HarianNTB.com — Paluma Nusantara mitra United Nations Development Program (UNDP) bangun Jaringan Air Bersih untuk warga Desa Sambik Elen, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara (KLU), Jum’at (21/8/2020)

Pembangunan tersebut ditandai dengan dilakukannya Peletakan Batu Pertama Kegiatan Infrastruktur Jaringan Air Bersih di Kawasan Birisan Nangka Desa Sambik Elen oleh Bupati KLU, Drs. H. Najmul Akhyar.

Nanang Triana selaku perwakilan Paluma Nusantara mengatakan, Pembangunan Jaringan Air Bersih ini merupakan Program Dukungan Terhadap Rekonstruksi Infrastruktur masyarakat untuk pemulihan Livelhood (Sumber Penghidupan Keberlanjutan) di Kabupaten Lombok Utara.

- Advertisement -

‘’Program kita di Sambik Elen adalah Rekontruksi Infrastruktur untuk perbaikan Livelhood atau Sumber Penghidupan Keberlanjutan dan komponen kegiatan pertama yang kita bangun adalah Jaringan Air Bersih’’ Jelas Nanang saat ditemui HarianNTB.com.

Hal senada diungkapan Kepala Desa Sambik Elen Muhammad Katur mengatakan, Program Pembangunan Jaringan Air Bersih ini merupakan kerjasama Paluma Nusantara dengan United Nations Development Program (UNDP).

‘’Jadi program ini merupakan bantuan dari UNDP, Faluma ini mitra dari UNDP melakukan program pemulihan dampak gempa, yakni program infrastruktur air yang terdampak korban gempa’’

Ia mengatakan, Gempa yang terjadi beberapa waktu lalu menjadikan sumber mata air tertutup oleh longsor dan menyebabkan pipa terputus, sehingga hal tersebut menjadi fokus Paluma bersama UNDP.

‘’Sumber mata air tertutup oleh longsor dan pipa yang putus banyak sekali, itu menjadi pokus program Paluma bersama UNDP’’ Jelasnya.

Ia menambahkan, anggaran yang diberikan UNDP untuk pembangunan Jaringan Air Bersih ini sekitar Rp 300 juta, dan pembangunan ini akan dirasakan oleh tiga Dusun di Desa Sambik Elen yakni, Dusun Sambik Elen 1 dan 2 serta Dusun Lenggorong.

Sementara itu, Dr. H. Najmul Akyar berharap, agar program ini selesai tepat waktu agar masyarakat secepatnya merasakan manfaat daripada pembangunan jaringan air bersih.

‘’Mudah-mudahan program ini selesai tepat waktu agar masyarakat secepatnya merasakan manfaat daripada proyek yang di bangun saat ini, dan kepada Mayarakat melalui kepala desa dan pak camat diharapkan proyek ini bisa dirawat, dan dipelihara dan dijaga dengan baik dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kepentingan masyarakat kita’’ Jelas Najmul seusai melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Jaringan Air Bersih. (DMS/MRP/RZL)

- Advertisement -

Related Articles

Stay Connected

1,929FansSuka
3,257PengikutMengikuti
17PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles