Sabtu, Januari 29, 2022

Gempa 7.5 SR di NTT, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Tsunami di NTB

HarianNTB.com – Gempa dengan kekuatan 7.5 magnitudo terjadi di Larantuka, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa, 14 Desember 2021 pada pukul 10.20.22 WIB.

Pusat gempa 7.59 LS, 122.26 BT, 112 KM Barat Laut Larantuka NTT dengan kedalam 12 Km.

Atas kejadian tersebut, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) beri peringatan dini tsunami di Maluku, NTB, NTT, Sulsel, dan Sultra.

- Advertisement -

Dihubungi Harian NTB, Kepala Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Mataram Ardhianto Septiadhi membenarkan adanya peringatan dini 1 dan 2 yang sudah disampaikan telah terjadi gempa bumi yang berpotensi tsunami.

“Berdasarkan analisa BMKG untuk NTB terdapat level waspada untuk bima dan dompu bagian utara, hal ini artinya ketinggian tsunami yg diperkirakan terjadi tidak signifkan (kurang dari 0.5 m),” kata Ardi.

Ia menghimbau agar masyarakat menghindari pantai.

“Untuk NTB ( bima dan dompu) berdasarkan hasil analisa kami berada di daerah waspada artinya ketinggian tsunami tidak signifikan. Namun saran kami untuk menghindari aktifitas di pantai di sekitar daerah yang disebutkan, apabila ada update akan kami sampaikan segera,” kata Ardi, Selasa (14/12/2021).

Dikatakan, peringatan dini ada level 4, dan di NTB hanya peringatan level 2.

“Peringatan dini tsunami ada 4, sekarang masih peringatan dini 2, yang jelas dari peringatan dini yg sudah release untuk NTB dalam level waspada dan penjelasannya sudah disampaikan diatas,” katanya

Dirinya meminta agar masyarakat tetap tenang dan menunggu informasi dari BMKG.

“Mohon masyarakat tetap tenang dan menunggu update peringatan dini dari BMKG,” tutupnya. (DMS/RZL)

- Advertisement -

Related Articles

Stay Connected

1,929FansSuka
3,257PengikutMengikuti
17PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles