Sabtu, Januari 29, 2022

Banjir Terjang Lombok Barat, 4 Orang Meninggal 1 Belum Ditemukan

HarianNTB.com – Sejumlah kawasan di Nusa Tenggara Barat (NTB) mengalami banjir dan tanah longsor sejak diguyur hujan pada Minggu, (5/12/2021) hingga Senin (6/12/2021) pagi.

Beberapa kawasan yang terdampak banjir di Kecamatan Pemenang Lombok Utara, Kecamatan Gunungsari dan Kecamatan Batulayar Lombok Barat.

Kecamatan Batulayar dan Gunungsari Lombok Barat merupakan kawasan yang mengalami kerusakan yang cukup parah dan menelan korban jiwa.

- Advertisement -

Atas peristiwa itu, Kepala Kantor SAR Mataram Nanang Sigit PH, Senin (6/12/2021) langsung menurunkan puluhan personilnya. Selain itu turut terlibat dari unsur TNI, Polri, BPBD, Barasiaga, relawan, masyarakat setempat, dan lainnya.

“Kita fokuskan evakuasi korban yang butuh penanganan cepat,” kata Nanang Sigit saat dikonfirmasi Harian NTB, Senin (6/12/2021).

Sementara itu, Dinas Sosial NTB melaporkan data sementara ada sekitar empat orang meninggal dunia di Dusun Batulayar Utara,  Desa Batulayar Barat.

Dari keempat korban meninggal, satu diantara bayi yang masih berusia 6 bulan.

Selain itu, terdapat korban patah tulang, dan satu warga yang belum ditemukan.

Hal serupa juga disampaikan Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, sebanyak lima orang hanyut terbawa banjir, 4 orang meninggal satu belum ditemukan.

“Ada 5 saudara kita yang jadi korban hanyut terbawa banjir. 4 sudah ditemukan dan meninggal. Satu masih hilang,” ungkap Bang Zul seperti dikutip Harian NTB, Senin (6/12/2021).

Dijelaskan, banjir disertai longsor menyebabkan banyak kayu tumbang dan terbawa air. Kayu-kayu itu kemudian menyumbat jembatan, akibatnya air meluap ke pemukiman warga.

“Kayu-kayu besar yang hanyut terbawa air menyumbat jembatan sehingga air tak bisa melewati bawah jembatan karena mampet tertutupi kayu-kayu besar yang hanyut di bawa banjir tadi. Akibatnya, air meluap menyapu desa dan menghanyutkan rumah-rumah di sekitar sungai di samping jembatan,” jelasnya.

Atas kejadian tersebut, ia menghimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan karena kedepan diperkirakan curah hujan masih tinggi.

“Mari terus jaga kewaspadaan. Karena hari-hari ke depan diprediksi curah hujan masih akan tinggi. Semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua,” harap Bang Zul. (DMS)

- Advertisement -

Related Articles

Stay Connected

1,929FansSuka
3,257PengikutMengikuti
17PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles