Kamis, Desember 2, 2021

Suhu di NTB Terasa Lebih Panas, Ini Penjelasan BMKG

HarianNTB.com – Suhu udara di Nusa Tenggara Barat (NTB) akhir-akhir ini terasa lebih panas pada Oktober 2021.

Hal itu mungkin Anda rasakan saat ini bahwa beberapa hari belakangan ini cuaca terasa panas dan membuat anda gerah, puncaknya pada siang hari.

Lantas, apa yang penyebab cuaca tersebut menjadi panas akhir-akhir ini?

- Advertisement -

Dihubungi HarianNTB.com, Sabtu (23/10/2021) Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Mataram Ardhianto Septiadi menyampaikan memang benar bahwa suhu udara beberapa hari terakhir memang mengalami peningkatan.

“Berdasarkan pengamatan kami suhu udara maximum beberapa hari terakhir memang mengalami peningkatan,” ungkap Ardhianto Septiadi kepada Harian NTB, Sabtu (23/10/2021).

Dikatakan, bahwa fenomena tersebut terjadi karena akibat dari pengaruh pergerakan semu matahari yang biasa terjadi berulang setiap tahun.

“Fenomena ini merupakan akibat dari pengaruh pergerakan semu matahari yang biasa terjadi berulang setiap tahun,” kata Ardhianto.

Dijelaskan saat ini Lokasi kordinat NTB berada pada posisi 8° 10′ – 9 ° 5′  LS, Jadi pada saat bulan Oktober posisi gerak semu matahari tepat berada di atas Pulau NTB.

“Konsep dasarnya seperti gambar di atas pak, warna kuning merupakan matahari dan warna merah merupakan jalur gerak semu matahari. Lokasi kordinat NTB berada pada posisi 8° 10′ – 9 ° 5′  LS, Jadi pada saat bulan Oktober posisi gerak semu matahari tepat berada di atas Pulau NTB,” jelasnya.

Atas fenomena ini, Ardhianto berharap agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpancing oleh informasi yang belum tervalidasi dan tidak dapat dipercaya.

“Masyarakat dimohon tetap tenang dan selalu mengupdate informasi dari BMKG, dan tidak terpancing oleh informasi yang belum tervalidasi dan tidak dapat dipercaya,” katanya. (DMS/RZL)

- Advertisement -

Related Articles

Stay Connected

1,929FansSuka
3,257PengikutMengikuti
17PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles