Senin, Oktober 25, 2021

Gerhana Bulan Terjadi Hari Ini, 26 Mei 2021

HarianNTB.com – Masyarakat Nusa Tenggara Barat akan disungguhkan dengan fenomena alam Gerhana Bulan Total (GBT) pada hari ini, Rabu (26/5/2021) sekitar pukul 19.46 Wita.

Hal itu disampaikan Kepala BMKG Stasiun Geofisika Mataram Ardhianto Septiadhi kepada Jurnalis Harian NTB, Rabu (26/5/2021).

“Fenomena puncak gerhana ini akan dapat diamati langsung tanpa memerlukan alat bantu optik pada jam 18.46 WIB di Wilayah Barat Indonesia, 19.46 WITA di Wilayah Tengah Indonesia, dan jam 20.46 WIT di wilayah Timur. Dengan durasi puncak gerhana selama 14 menit 30 detik,” jelas
Ardhianto, Rabu (26/5/2021).

- Advertisement -

Dijelaskan, Gerhana Bulan merupakan peristiwa terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi, sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Menurut BMKG, Gerhana Bulan Total terjadi saat posisi Matahari-Bumi-Bulan sejajar.

“Hal ini membuat Bulan masuk ke umbra Bumi. Akibatnya, saat fase totalitas gerhana terjadi Bulan akan terlihat kemerahan,” katanya.

Selain itu, Gerhana Bulan Total ini dapat disaksikan oleh masyarakat saat cuaca cerah-berawan, dan aman untuk disaksikan oleh masyarakat dengan mata telanjang tanpa menggunakan kacamata khusus gerhana.

Ia juga berpesan, agar masyarakat jangan khawatir, dan tidak mengkaitkan fenomena gerhana bulan ini dengan gempa Lombok 2018.

“Secara ilmiah belum ada penelitian yang menunjukkan fenomena gerhana terkait dengan kejadian gempabumi,” katanya. (RZL)

- Advertisement -

Related Articles

Stay Connected

1,929FansSuka
3,257PengikutMengikuti
17PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles