Senin, Oktober 25, 2021

Pilkada KLU: KPU Gelar Simulasi Perhitungan Sistem Informasi Rekapitulasi Elektronik

Tanjung, HarianNTB.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Utara (KLU) masih terus mempersiapkan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati KLU 2020.

Salah satu yang dipersiapkan adalah penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi Elektronik (sirekap) atau E-Rekap.

Anggota KPU Lombok Utara Divisi Teknis Penyelenggaraan, Rabu (25/11/2020) Kardi, mengungkapkan, bahwa saat ini sedang berlangsung bimtek dan simulasi penggunaan sistem informasi rekapitulasi elektronik (sirekap) yang diselenggarakan oleh KPU secara nasional melalui zoom meeting.

- Advertisement -

”Dalam bimtek sudah kami lakukan simulasi, sekarang ini tahapnya kita melakukan simulasi nasional’’ Jelas Kardi saat ditemui jurnalis Harian NTB di kantor KPU KLU, Rabu (25/11).

Dalam acara tersebut, kata Kardi, diikuti oleh seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang diselenggarakan di Aula KPU KLU.

Kardi mengatakan, Sirekap ini adalah sebagai instrumen alat bantu dalam rekapitulasi hasil pemilihan serentak 2020. Meskipun tidak digunakan menjadi penetapan hasil pemilihan, akan tetapi sebagai alat bantu untuk akses informasi tercepat untuk masyarakat.

Dijelaskan, sistem informasi rekapitulasi elektronik (sirekap) akan digunakan dimasing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) oleh Petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS). Selain itu, sirekap juga akan digunakan ditingkat kecamatan dan kabupaten.

”Selain sirekap ini ditingkat TPS, ditingkat kecamatan pun ada yang menggunakan sirekap dan Kabupaten pun juga ada’’ Ungkapnya.

Sementara itu, bimbingan teknis Sirekap untuk petugas di masing-masing TPS rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 29 Nopember mendatang.

”Rencananya akan dilaksanakan tanggal 29 Nopember mendatang’’ ungkapnya.

Dirinya pun berharap agar tidak ada kendala dalam proses rekapitulasi dari tingkat TPS, Kecamatan hingga kabupaten.

”Karena ini berbasis aplikasi, mudahan-mudahan jaringan tetap aman, karena beberapa minggu yang lalu kita sudah komunikasikan dengan pihak provider di Mataram untuk memastikan jaringan internet tetap stabil untuk penggunaan sirekap’’ Jelas Kardi. (DMS)

- Advertisement -

Related Articles

Stay Connected

1,929FansSuka
3,257PengikutMengikuti
17PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles