Minggu, Oktober 17, 2021

Fenomena Kristal Es seperti Salju Muncul di Savana Propok

Selong, HarianNTB.com – Fenomena embun yang berubah menjadi kristal es (frost) muncul di Savana Propok Gunung Rinjani, Lombok Timur Minggu (26/7/2020) pagi.

Menurut salah satu pengunjung Savana Propok Gunung Rinjani, Hendrawan, sekitar Minggu (26/7) pagi pada pukul 07.00 Wita kristal es muncul di tendanya dan tidak menyangka itu es.

‘’Sekitar jam 7 (pukul 07.00 Wita-red) pagi pas lihat tenda tiba-tiba ada es, awalnya tidak kefikiran’’ Ujar Hendrawan saat dikonfirmasi via Handphone oleh HarianNTB.com, Senin (27/7).

- Advertisement -

Sementara itu, Chandra Susanto Wakil Ketua Pokdarwis Rinjani Perkasa Pengelola Savana Propok membenarkan adanya cuaca dingin sampai mengeluarkan kristal es.

“Buat kawan-kawan pendaki yang mau melakukan pendakian ke savana propok supaya menyiapkan pakaian dan sleeping bag super tebal dan hangat, karena di savana 1 dan 2 terjadi cuaca ekstrem super dingin sampai mengeluarkan es” Jelasnya kepada HarianNTB.com saat dikonfirmasi via Handphone, Selasa (28/7).

Menurutnya, fenomena ini bukan pertama kali terjadi, tahun sebelumnya kristal es pernah terjadi sepanjang bulan Juli sampai September tahun 2018 dan bulan Juli sampai Agustus tahun 2019.

“Pada tahun 2018 pertama kali saya temukan semua savananya membeku dan mata air di sumur juga beku” Cerita Chandra kepada HarianNTB.com.

Dirinya menghimbau kepada pengunjung agar menyiapkan pakaian yang hangat selama di Savana Propok, karena mulai dari pukul 22.00 Wita atau 00.00 Wita suhunya mencapai 5,7 sampai 10 Drajat Celcius.

“Saat ini suhunya tidak normal mulai dari 5,7 dan 10 Drajat Celcius mulai dari jam 10 atau jam 12 malam” Tutupnya. (DMS)

- Advertisement -

Related Articles

Stay Connected

1,929FansSuka
3,257PengikutMengikuti
17PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles