Rabu, Oktober 27, 2021

Terapkan Protokol Kesehatan, Holiday Resort Lombok Raih Sertifikat CHSE

HarianNTB.com – Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada sektor Pariwisata di Nusa Tenggara Barat, terutama untuk usaha hotel dan resor.

Holiday Resort Lombok salah satu hotel yang memperioritaskan faktor kebersihan dan kenyamanan dalam menjalankan bisnisnya dimasa Pandemi COVID-19. Faktor kenyamanan dan kebersihan tersebut merupakan salah satu alasan untuk para wisatawan dalam menentukan tempat menginap.

Memahami hal itu, pada tanggal 28 November 2020 lalu, Holiday Resort Lombok menerima sertifikat CHSE atau Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability dengan nilai rata-rata 100 persen. Sertifikat ini diterbitkan oleh perusahaan penyedia layanan sertifikasi yaitu Tuv Rheinland, Sucofindo, dan Mutu Certification International.

- Advertisement -

Mengutip dari halaman Kemenparkraf, sertifikasi CHSE adalah proses pemberian sertifikat kepada Usaha Pariwisata, Destinasi Pariwisata, dan Produk Pariwisata lainnya untuk memberikan jaminan kepada wisatawan terhadap pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan.

Terdapat tiga tahap dalam memperoleh sertifikat CHSE, yaitu Tahap Penilaian Mandiri, Tahap Deklarasi Mandiri, dan Tahap Penilaian. Tim auditor lalu akan memeriksa dan menentukan apabila pelaku berhak mendapat sertifikat CHSE.  Adapun syarat yang harus dipenuhi demi memperoleh sertifikat antara lain, memiliki TDUP (Tanda Daftar Usaha Pariwisata), dan/atau Nomor Induk Berusaha bagi usaha skala mikro dan kecil, serta perizinan lain sesuai perundang-undangan.

“Kami sangat bersyukur telah mendapatkan sertifikat CHSE. Sertifikat ini sebagai bukti bahwa hotel kami berkomitmen memberikan layanan yang memenuhi protokol kesehatan, kebersihan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan. Juga sebagai bukti bahwa hotel kami turut mendukung pemerintah dalam pemutusan rantai penyebaran Covid-19,” Ungkap Stevi Yasinta Sintia Dewi selaku Asisten Manager Marketing dan Komunikasi Holiday Resort, Kamis, (18/3/2021).

Selain sertifikat CHSE, Kemenparekraf juga memberikan sertifikat I Do Care yang berarti hotel telah memenuhi 90 – 100 persen indikator kriteria pelaksanaan CHSE.  Penerapan protokol kesehatan di Holiday Resort Lombok dilakukan seperti pemberian disinfektan secara berkala di area-area umum, pengaturan jarak antrian dan tempat duduk, pengecekan suhu tubuh, penerapan teknologi QR code untuk menu makanan, serta pembayaran digital.

“Pandemi Covid-19 telah mengubah prioritas orang dalam banyak hal, yang paling utama adalah faktor kebersihan dan kesehatan yang kini menjadi fokus perhatian para wisatawan dalam menentukan tempat menginap. Semoga dengan adanya sertifikat ini, masyarakat menjadi percaya bahwa industri pariwisata dan hotel kami pada khususnya, telah siap menyambut kedatangan tamu di tatanan kenormalan yang baru.” Lanjutnya.

Untuk informasi terkini mengenai Holiday Resort Lombok, anda dapat mengunjungi halaman website resmi hotel di url: www.holidayresort-lombok.com atau mengikuti akun sosial media hotel; Instagram @holidayresort.lombok, dan facebook @Holiday Resort Lombok. (DMS)

__
*Artikel ini merupakan kerja sama Harian NTB dengan Holiday Resort Lombok.

- Advertisement -

Related Articles

Stay Connected

1,929FansSuka
3,257PengikutMengikuti
17PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles