Minggu, Oktober 17, 2021

Kembangkan Sepeda Listrik Matric-B, Gubernur NTB dan PLN Tanda Tangani MoU

Mataram, HarianNTB.com – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) bersama PLN tanda tangani nota kesepahaman (MoU) tentang Penelitian dan Pengembangan Teknologi Sepeda Listrik Bima Electric Bicycle atau Matric-B.

Penandatangan Mou tersebut dilakukan oleh Gubernur Provinsi NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah dengan General Manager PLN UIW NTB, Ir. Lasiran, MH di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur NTB, Jum’at (23/10/2020).

Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengatakan, hari ini adalah satu langkah awal untuk mengubah cara pandang masyarakat NTB khususnya, bahwa sebenarnya kita semua memiliki kemampuan. Pandemi Covid-19 di NTB memang berdampak terhadap banyak hal, namun selalu ada terobosan baik di tengah musibah tersebut.

- Advertisement -

“Saya masih teringat awal-awal corona virus, orang mengalami kelangkaan masker, akhirnya ada yang import masker dari luar, dari Jawa. Namun kini, tidak hanya masker, kendaraan listrik pun kita mampu membuatnya”, Ungkap Gubernur.

Dijelaskan Zulkieflimansyah, bahwa pengembangan teknologi butuh pembelajaran, dan model pembelajarannya yang paling utama adalah learning by doing yaitu belajar dengan cara mengerjakannya secara langsung.

Menurutnya, jika sepeda listrik ini dilaunching dengan harga Rp 20 juta per unit pasti banyak orang yang akan bertanya-tanya karena harganya yang mahal. Namun, jika belajar dari negara berkembang, semua produk pasti mengalami fase seperti itu, yang membedakannya adalah berani untuk memulai.

“Saya kira ini jadi momentum penting, kalau sepeda listrik yang begini saja bisa kita buat, apalagi sekedar masker, cold storage. Mudah – mudahan dengan semangat industrialisasi ini bisa kita mulai dari NTB dan pemicunya adalah dengan kehadiran PLN hidup menjadi lebih baik”, tutur Zulkieflimansyah.

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) NTB Ir. Lasiran, MH, melaporkan perkembangan pengembangan Sepeda Listrik Matric-B hingga saat ini sudah berjumlah 15 unit.

Dikatakan, akan diupayakan pada tanggal 17 Desember 2020, sudah ada 50 unit sepeda listik Matric-B dalam rangka menyambut HUT NTB.

PLN juga akan mempercepat Pengembangan Sepeda Listrik Matric-B untuk mendukung terlaksananya MotoGP di Sirkuit Mandalika.

Selain itu pada saat MoU, Gubernur menerima penyerahan CSR peralatan pendukung produksi sepeda listrik Matric-B dari GM PT. PLN UIW NTB serta penyerahan secara simbolis pemesanan 15 unit sepeda listrik Matric-B dari GM PT. PLN UIW NTB kepada Kadis Perindustrian NTB. (DMS)

- Advertisement -

Related Articles

Stay Connected

1,929FansSuka
3,257PengikutMengikuti
17PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles